" Bisnis Usaha Waralaba Minimarket Alfamart "

Custom Search
Calon Pengusaha Alfamart

" Baru terpikirkan olehKu, untuk mulai menjalani bisnis usaha waralaba minimarket Alfamart "

 

Waralaba Alfamart Cocok Bagi Pemula

 

Sekilas tentang bisnis waralaba

Memulai sebuah usaha atau bisnis, berarti dimulai oleh ide. Bidang usaha apakah yang akan kita jalani ?
Untuk seorang pemula seperti Saya, fase pencarian dan penentuan ide ini lumayan sulit. Betapa tidak, hampir tidak ada bakat atau keahlian yang menonjol pada diri Saya untuk bidang tertentu. Seorang ahli masak mungkin akan terpikir untuk membuat usaha kuliner, seorang mekanik mungkin akan terpikir membuka usaha otomotif. Namun Saya, tidak mempunyai keahlian khusus. Bagaimana dengan Anda?

 

Saya dan Alfamart

Sebagai seorang yang berjiwa muda, saya sangat antusias sekali jika melihat profil seorang muda lain, yang berhasil sukses pada usia yang masih relatif muda. Sayapun berusaha mencari tahu apa rahasia sukses mereka. Beberapa kali saya bertanya kepada orang-orang muda yang sukses, jawaban mereka rata-rata adalah, "Ah, biasa aja kok, yang penting tekun, ulet, rajin, dan pantang menyerah!" Saya berusaha menterjemahkan maksud dari kata-kata tersebut, yang Saya kira itu adalah hanya sekedar kata-kata standar.

 

Sebuah ide bisa muncul kapan saja, dimana saja, dan dalam suasana bagai mana pun. Masalahnya, apakah kita siap jika ide itu muncul. Kebiasaan saya, memang "tukang jalan". Dari kebiasaan Saya tersebut, terkadang sempat terpikir, mengapa banyak kios-kios atau toko usaha baik makanan, minuman, otomotif, distro, daily goods, bahkan toko bahan bangunan yang memiliki brand, standarisasi produk dan pelayanan pegawai yang relatif sama, namun hadir di tempat yang berbeda. Itulah yang dinamakan "bisnis Waralaba" atau "bisnis franchise".

Lalu apakah relevansinya bagi Saya?
Bagi para pemula seperti Saya dan mungkin juga yang lainnya, dapat Saya pastikan bahwa, usaha waralaba adalah bidang usaha yang cocok untuk kita para pemula. Mengapa?
1. Tidak perlu mencari ide dalam menentukan dan mencari jenis produk yang akan dijual
2. Produk yang dijual sudah menjadi standar dari brand waralaba
3. Standarisasi penjualan yang universal pada semua cabang waralaba
4. Keuntungan yang bisa diprediksi
5. Merujuk terbitnya "Permendag No. 68/2012 tentang aturan waralaba", membuka peluang dan kemudahan kepada mitra usaha(franchisee) untuk membuka gerai baru.

Lalu bisnis waralaba yang bagaimanakah yang dapat bertahan lama sehingga menguntungkan dalam jangka waktu yang lama?
1. Barang yang dijual merupakan kebutuhan pokok orang setiap hari (daily consumer goods)
2. Barang yang dijual memiliki harga yang relatif terjangkau semua lapisan masyarakat (pasar yang luas)
3. Jaringan merek waralaba yang luas dan merata (seluruh daerah)
4. Promosi yang menarik konsumen yang dilakukan secara berkesinambungan dan berlaku umum di seluruh gerai waralaba
5. Sistem bagi hasil yang jelas
Dari kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa jenis waralaba minimarket adalah usaha waralaba yang cocok bagi pemula.

Seorang teman Saya berpendapat, bahwa usaha waralaba adalah usaha yang tidak kreatif, karena kita menjual brand atau produk orang lain. Dan seorang teman lain berpendapat, bidang usaha distribusi(agen/pemasar), lebih menguntungkan dari pada bidang usaha produksi (produsen).

Pendapat dari kedua teman Saya tersebut memang ada benarnya. Tetapi setiap orang, memiliki keunikan cara berfikir sendiri. Sebagai pemula seperti Saya, bisnis waralaba atau franchise adalah yang paling tepat.

Saya berkeyakinan, seiring berjalannya bisnis tersebut, naluri bisnis seseorang akan tumbuh dengan sendirinya. Inilah yang Saya sebut dengan "bussines development process". Ide cemerlang akan muncul sendirinya ketika bisnis usaha sudah berjalan. Janganlah hanya terpaku dalam penentuan ide awal untuk berbisnis, namun tidak ada upaya realisasi sama sekali (jalan di tempat).

Walaupun sebagai pemula, untuk memulai bisnis usaha waralaba minimarket tidak boleh asal-asalan, perlu beberapa pertimbangan untuk memulainya. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Pemilihan lokasi yang strategis
Lokasi strategis yang dimaksud adalah seperti perumahan, akses jalan yang mudah, mobilitas masyarakat yang ramai, kawasannya relatif aman.
2. Analisa modal awal
Inilah yang terpenting dalam memulai bisnis usaha waralaba minimarket. Dari analisa secara global, kita dapat menentukan kebijakan untuk berinvestasi. Seperti seberapa besar minimarketnya nanti, jumlah karyawan, ataupun bentuk bangunan beserta display atau tata letak yang menarik pelanggan.
3. Promosi jangka pendek, menengah, dan panjang.
Bagaimana setiap pelanggan dapat kembali lagi untuk berbelanja di minimarket kita. Berarti ada promosi yang bersifat adiktif sehingga pelanggan puas dan tetap menjadi konsumen setia.
4. Partnership yang baik dengan pemegang merek waralaba (franchisor)
Program kemitraan yang baik dapat meningkatkan penjualan yang ditargetkan. Kemitraan yang baik adalah salah satu kriteria dalam menentukan bidang usaha waralaba minimarket. Standarisasi pelayanan, produk, harga, promosi, serta pembinaan menjadi kunci sukses usaha waralaba minimarket.

Lalu, mengapa Saya merekomendasikan Alfamart sebagai binis usaha waralaba minimarket terbaik untuk para pemula ?

 

Waralaba Alfamart

Mengapa Alfamart ?

Alfamart adalah merek dagang(brand) milik PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk , yang bergerak pada bidang usaha jaringan waralaba minimarket seluruh Indonesia sejak tahun 1999 hingga saat ini.
Per September 2012, Alfamart tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah gerai 6.585 gerai
(sumber: corporate.alfamartku.com)
.

Dengan jumlah gerai yang banyak tersebut, serta didukung oleh pelaksanaan komitment kepada para mitra usahanya(franchisee), menjadikan Alfamart sebagai referensi utama untuk memulai bidang usaha(bisnis) waralaba. Usaha waralaba seperti inilah yang dibutuhkan oleh para pemula, untuk selanjutnya nanti dapat terjun ke dunia bisnis usaha secara luas.

Dengan diterbitkannya "Permendag No. 68/2012 tentang aturan waralaba" berimbas terbukanya kesempatan yang luas kepada para mitra dan calon mitra baru Alfamart untuk memperluas jaringan bisnis waralaba minimarket Alfamart.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, Alfamart berhasil meraih berbagai penghargaan bisnis yang membuat citra brand Alfamart yang semakin dikenal dan melekat di hati masyarakat dengan motto utamanya,
"Belanja puas harga pas".

 

Waralaba Alfamart

10 Alasan
Memilih Waralaba Alfamart
(Sumber : situs resmi Alfamart)

 

1. Pertumbuhan toko yang pesat.
2. Merek Alfamart yang sudah dikenal luas.
3. Alfamart melakukan bimbingan dan memonitor secara periodik dan berkelanjutan toko-toko Alfamart milik seluruh mitranya.
4. Berdasarkan riset AC Nielsen, Alfamart lebih unggul dalam hal pelayanan dan promosi dibanding peritel lainnya.
5. Dari jumlah penduduk yang sangat besar dan luas wilayah Indonesia, usaha waralaba minimarket Alfamart memiliki potensi besar untuk tetap hadir dilingkungan rumah masyarakat.
6. Alfamart menerapkan standarisasi dan pengoperasian yang jelas (SOP).
7. Tingkat keuntungan berusaha waralaba di Alfamart lebih tinggi daripada suku bunga deposito.
8. Alfamart telah membentuk kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi.
9. Alfamart selalu melakukan inovasi dan pengembangan.
10.Alfamart banyak bekerja sama dengan principle besar di Indonesia.

Nah untuk para Usahawan muda yang baru pertama kali terjun ke dalam bidang bisnis usaha waralaba, usaha minimarket Alfamart dapat menjadi referensi cerdas yang sangat mudah dijalankan. Ingatlah, tujuan utama dalam menggeluti usaha waralaba minimarket sepeti Alfamart adalah keuntungan yang menarik, serta program jangka panjang untuk masa depan. Selamat berbisnis !

Menjadi member minimarket Alfamart saja, banyak untungnya !
" Apalagi menjadi Pemilik waralabanya !"

 

Kumpulan Artikel Menarik Lainnya

Kuliner Balikpapan

Pusatnya Kuliner Seafood Balikpapan

Alfamart official partner merchandise piala dunia 2014

Belanja Kaos dan Pernak-Pernik Piala Dunia Brazil 2014
Kini Tersedia Di Alfamart

Alfaonline Toko belanja online murah promo heboh

Toko belanja online murah promo heboh jual barang Rp 1,-