Anak Kampung Yang Mencari Sumber Air Bersih

 

Kemanakah air bersih itu pergi ?

Kebutuhan akan air pada manusia tidak bisa terbantahkan. Selain untuk minum, air juga dibutuhkan untuk keperluan lain. Namun, tidak semua kondisi air layak untuk di konsumsi, terlebih lagi untuk air minum.

Sudah berlangsung sejak lama di tempat Saya tinggal, untuk mendapatkan sumber air tanah (ground water) yang bersih, masyarakat membangun sumur pompa. Tetapi sekarang, sumber air tanah dari sumur, hanya dipergunakan untuk keperluan mandi dan mencuci saja.

Sedangkan untuk minum dan memasak, masyarakat sudah tidak lagi menggunakan sumber air tanah dari sumur tersebut. Mereka beralih ke air mineral yang dibeli langsung dalam kemasan, ataupun melakukan pengisian ulang air minum di depot-depot air isi ulang.

Beberapa keluarga, bahkan ada juga yang sudah menggunakan alat pemurni air atau yang biasa disebut water purifier.

Penurunan kualitas air bersih, bukan hanya masalah yang terjadi di tempat Saya saja. Faktanya, sudah hampir diseluruh kota metropolitan mengalami krisis air bersih.

Beruntung di tempat Saya, masih ada banyak warga yang memiliki tanah dan pekarangan rumah yang luas, yang mereka tanami pohon-pohon produktif. Selain dapat dinikmati buahnya, pohon-pohon tersebut cukup memberi andil dalam menjaga ketersediaan air bersih dalam tanah.

Seolah menghilang dari sumbernya, air bersih dengan kualitas layak minum menjadi fenomena yang tak terbantahkan. Padahal Saya yakin 100% bahwa sebenarnya volume air di bumi ini tidak akan berkurang, bahkan cenderung bertambah seiring mencairnya es di kutub utara dan selatan.
Pertanyaannya adalah, " Kemanakah air bersih itu pergi ?".

Kelestarian Sumber air Bersih

Krisis sumber air bersih

Ingat !
Yang krisis atau langka itu adalah volume sumber air bersih, bukan volume air secara keseluruhan. Maksudnya ?
Dikatakan krisis apabila, volume air bersih lebih kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan akan air tersebut. Maka solusinya adalah dengan menambah volume ketersediaan sumber air bersih tersebut
.

Pertumbuhan angka jumlah penduduk yang tiap tahunnya meningkat secara drastis, mengakibatkan tingginya konsumsi terhadap air bersih. Hal ini berdampak pada kuranganya pasokan volume air bersih untuk memenuhi permintaan tersebut.

Daerah yang paling buruk terkena dampaknya adalah perkotaan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, masyarakat perkotaan sudah tidak mungkin lagi mengandalkan sumber air tanah(ground water) dari sumur. Mau tidak mau, masyarakat perkotaan harus membeli air bersih yang layak untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumber air bersih saat ini sulit di dapat. Di beberapa tempat termasuk di sekitar tempat Saya tinggal, untuk mendapatkan air sumur tanah yang bersih dan jernih, maka minimal kedalaman sumur adalah 20 meter. Padahal dulu, sumur dengan kedalaman hanya 10 meter saja, sudah dapat menikmati air bersih. Fakta inilah yang kita sebut selanjutnya dengan nama " Krisis Sumber Air Bersih ".

Kelestarian Sumber air Bersih

Mencari dan melestarikan sumber air bersih

Air tanah (groundwater) yang bersih dan jernih bisa didapatkan pada struktur tanah yang didominasi oleh batu-batuan. Dalam hal ini batu-batuan berfungsi sebagai filter atau saringan yang menjernihkan air secara alami.

Kualitas air menjadi lebih baik karena relatif lebih sedikit terkontaminasi dari partikel dan bahan berbahaya. Semakin banyak dominasi batu-batuan, maka kadar partikel-partikel seperti tanah, pasir dan partikel lainnya akan berkurang, karena tidak mampu menembus padatnya struktur batu-batuan.

Sumber Air Bersih

Pegunungan, adalah wilayah yang kondisi geologisnya didominasi oleh struktur batu-batuan bahkan sampai kepermukaan tanah bagian atas. Berbeda dengan dataran rendah yang mempunyai struktur lapisan tanah pada bagian atasnya didominasi bukan berupa batu-batuan, maka dapat di pastikan kualitas sumber air di pegunungan adalah lebih bersih.

Selain itu, sumber mata air pegunungan belum terkontaminasi oleh limbah apapun. Itulah sebabnya, beberapa perusahaan besar penyedia air bersih ataupun produsen air mineral dalam kemasan, memasok air dari daerah pegunungan, karena relatif lebih bersih dan alami.

Air disediakan alam untuk selanjutnya dikelola oleh manusia. Berbanding lurus dengan laju pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat cepat, maka kebutuhan akan sumber air minum sangatlah besar. Diperlukan langkah cepat dan tepat sebagai jalan keluar dari fenomena krisis air yang sudah melanda peradaban manusia.

Air Bersih Sumber Kehidupan
Persembahan terbaik dari alam, tidak akan pernah berkurang.

Artikel Terkait Lingkungan

Artikel Kontes Yang Sedang Saya Ikuti

  • Toyota Agya TRD
  • Toyota Grand New Fortuner
  • Toyota Alphard
  • Toyota Camry
  • Toyota New Vios
  • Toyota New Corolla Altis
  • Toyota New Yaris
  • Toyota FT 86
  • Toyota Land Cruiser

Artikel Pariwisata

Artikel Properti

Tags / Keywords / Kata Kunci

  • Sumber Air Bersih

  • Sumber Air

  • Air Bersih

  • Mata Air

  • Sumber Mata Air

  • Mata Air Bersih

  • Sumber Mata Air Bersih

  • Mencari Air Bersih

  • Mencari Sumber Air Bersih

  • Mencari sumber Mata Air Bersih

 

Author + Owner

Sales Showroom Diler Toyota Etios

ENDANG WIDIYANTO NIMAN

EXECUTIVE SALES MARKETING
SHOWROOM TOYOTA - INDONESIA

Konsultasi Gratis Seputar Toyota
Phone: +62813 8544 2022
Email: endang.adatoyota@gmail.com
Website: www.AdaToyota.com

Rp.20 Ribu Saja

bisnis online murah

Dengan modal investasi Rp.20.000 sudah bisa memiliki bisnis online dengan penghasilan tak terbatas. Caranya..?

Otomotif

Sewa Mobil Dimas Rent Car

Pendidikan

Toko Online

Bisnis Waralaba

Teknologi Gadget

Web Hosting

Keuangan

Tokoh Sukses

Motivator Cipto Junaedy

Man of The Year 2011
Cipto Junaedy VS Robert Kiyosaki

Referensi Produk

Others