Jangan Terlena Di Masa Muda
Karena Pensiun Menanti Anda ! Persiapkanlah Dana Pensiun Sedari Muda

 

Seharusnya, masa pensiun adalah masa yang paling dinantikan. Terbebas dari rutinitas kerja selama berpuluh-puluh tahun, menikmati sisa hidup bersama keluarga tercinta, menggeluti hobi secara penuh waktu, adalah beberapa hal yang mungkin akan dijalani dengan bahagia ketika seseorang memasuki masa pensiun.

Manfaat Dana Pensiun

Namun bagi sebagian orang, memasuki masa pensiun justru menjadi hal yang paling menakutkan.
Mengapa ?
Ketika seseorang belum merasa siap untuk pensiun, berbagai tekanan menghantui. Seperti kekhawatiran akan kecukupan dana ketika tidak lagi aktif bekerja, sindrom pensiun yang biasanya bekerja, tiba-tiba hampa di rumah tanpa kegiatan, menurunnya aktifitas disertai dengan menurunnya kesehatan, dan masih banyak lagi momok menakutkan menghantui ketika seseorang akan memasuki masa pensiun.

Mempersiapkan Dana Pensiun

Kehidupan seperti apa yang Anda harapkan di hari tua nanti ?
Bagaimana Anda mewujudkannya ?

Anda mungkin sependapat dengan Saya, bahwa hidup bahagia dengan kebebasan finansial di hari tua adalah idaman setiap orang. Dua pertanyaan tersebut bukan bermaksud untuk mendahului jaman. Namun merencanakan masa tua yang bahagia, sudah seharusnya dilakukan dari sekarang, pada saat usia masih muda.

Banyak cara untuk menjadi bebas secara finansial di hari tua, salah satunya adalah dengan memiliki dana pensiun yang cukup, yang telah dikumpulkan sejak dari usia muda. Namun sangat disayangkan, kesadaran masyarakat Indonesia mempersiapkan dana pensiun masih sangat rendah. Di saat usia muda atau masa produktif, masih banyak orang beranggapan bahwa dana pensiun belumlah penting (urgent) dipersiapkan.

Jujur, saat ini pun Saya baru hanya memiliki dana pensiun dari Jamsostek yang memang didaftarkan dari perusahaan tempat Saya bekerja. Padahal, jika dengan hitungan usia normal, maka 25 tahun ke depan, Saya akan memasuki usia pensiun. Penting bagi Saya, yang saat ini berusia 30 tahun untuk mulai merencanakan dana pensiun di luar kepesertaan Jamsostek yang Saya miliki sekarang.

Kondisi nyaman pada saat sekarang, mungkin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sebagian orang termasuk Saya, belum mau mempersiapkan dana pensiunnya. Belum lagi, banyak juga pemikiran masyarakat yang merasa sudah cukup dengan program dana pensiun dari perusahaannya. Padahal, jika setiap orang menyadari pentingnya dana pensiun, maka tidaklah sulit merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun sedari usia muda.

Mempersiapkan eader Dana Pensiun

Fungsi dana pensiun

Secara umum, dana pensiun sebenarnya membuat seseorang yang memasuki masa tuanya menjadi mandiri secara finansial tanpa tergantung orang lain. Dengan dana pensiun yang telah dihimpun sejak dari usia muda, bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan ketika orang tersebut sudah tidak produktif lagi bekerja. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ketika kita memasuki masa pensiun nanti.

Berikut ini beberapa manfaat dana pensiun yang bisa menyadarkan kita :
1. Dana pensiun sebagai pengganti penghasilan bulanan
Rata-rata usia produktif kerja atau usia angkatan kerja di Indonesia berakhir pada usia 55 tahun. Setelah itu, berarti memasuki fase pensiun. Setelah tidak bekerja lagi, bagaimana mencukupi kebutuhan sehari-hari ? Disinilah dana pensiun berperan, sebagai pengganti penghasilan bulanan pada saat Anda sudah tidak bekerja lagi.
2. Dana pensiun sebagai fungsi asuransi
Dana pensiun yang dihimpun sedari muda, bisa berfungsi sebagai asuransi pada saat Anda memasuki usai tua. Atau, pengambilan dana pensiun bisa juga dipercepat sebelum memasuki masa pensiun dengan syarat dan ketenyuan yang berlaku. Misalnya, meninggal dunia atau cacat seumur hidup akibat kecelakaan.
3. Dana pensiun sebagai fungsi tabungan
Iuran dana yang dibayarkan pada program pensiun, adalah menggunakan prinsip yang sama seperti tabungan pada umumnya. Saat masa kepesertaan pada program dana pensiun berakhir, maka dana tersebut akan dibayarkan kepada peserta program.

Dana Pensiun BNI Simponi

Masa tua Saya HARUS bahagia

Tampaknya, diusia Saya yang sudah memasuki 30 tahun ini, harus ada perencanaan tentang dana pensiun. Hal ini memang harus Saya lakukan dikarenakan 25 tahun ke depan Saya sudah memasuki masa pensiun. Beruntung jika Saya masih bisa berkarya setelah usia tersebut, atau memiliki kegiatan bisnis pribadi yang bisa dijalankan sambil menunggu sisa hidup. Bagaimana jika tidak keduanya, maka Saya hanya mengandalkan dana pensiun yang saya miliki sebagai kemandirian di usia senja.

Bagaimana mewujudkan masa tua Saya untuk hidup bahagia ?
Dengan mengikuti program dana pensiun tentunya. Dana yang Saya kumpulkan sedari usia muda, akan Saya pergunakan untuk hidup bahagia di masa tua nanti.

Bagaimana dengan Anda ?
Sudahkah Anda merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun untuk hari tua ?

  • Toyota Agya TRD
  • Toyota Grand New Fortuner
  • Toyota Alphard
  • Toyota Camry
  • Toyota New Vios
  • Toyota New Corolla Altis
  • Toyota New Yaris
  • Toyota FT 86
  • Toyota Land Cruiser

Artikel Kontes SEO Yang Sedang Saya Ikuti

Tags / Keywords / Kata Kunci

  • Pensiun

  • Dana Pensiun

  • Mempersiapkan Dana Pensiun

  • Rencana Dana Pensiun

  • Membuat Rencana Dana Pensiun

  • Merencanakan Dana Pensiun

  • Menghitung Dana Pensiun

  • Bahagia Setelah Pensiun

 

Author + Owner

Sales Showroom Mobil Toyota gambar Calya Agya Sigra Sienta chr Setiajaya Mobilindo

ENDANG WIDIYANTO NIMAN

EXECUTIVE SALES MARKETING
SHOWROOM TOYOTA CIBUBUR

Konsultasi Gratis Seputar Toyota
Simpati: 0813 8544 2022 | Call / WA
IM3 : 0856 9481 7222 | Call Only
PIN BB : 5723C3D7
Email: endang.adatoyota@gmail.com

Iklan Bermanfaat

Toko Online

Travelling

Lingkungan

Bidang Pendidikan

Kursus

Keluarga & Anak

Teknologi Gadget

Bisnis Waralaba

Investasi Online

Toko Alfamart

Otomotif

Web Hosting

Iklan Bermanfaat

Telkom Speedy

Keuangan

Properti

Tokoh Sukses

Motivator Cipto Junaedy

Referensi Produk

Artikel Umum

My Sitemap