Hutan Kota Srengseng Bikin Jakarta Jadi Teduh

 

Hutan Kota Srengseng dapat dijadikan tujuan wisata alam.
Kerimbunan pepohonan yang ada di hutan kota Srengseng Jakarta Barat ini,
ikut memberikan andil bagi penghijauan Jakarta. "

Hutan Kota Srengseng

Jakarta "dari A sampai Z"

/"Ah,! Yang bener Bang ?"
//"Ape nye ?"
/"Itu. Judul nye ?"
//"Ya bener lah. Masa Abang bo'eng(baca : bohong)."
/"Emang Jakarte punya hutan ? Apalagi di Srengseng deket rume kite. Prasaan Eneng kagak pernah denger !"
//"Maka nye baca tuh TV, ame tonton tuh koran !"
/"Lah, kebalik Bang !"
//"Sengaja !!! Neh, Abang kasih tau ya Neng. Di Jakarte itu, dari A sampai Z tuh ade semua nye. Jangankan cuma hutan, nah laut ame gunung aje ade di Jakarte eni !"
/"Nah loh. Makin nglantur neh Abang. Segala gunung lah ada di Jakarte ?"
//"Eneng kagak percaye ?"
/"Kagak dah !"
//"Nah itu Gunung Sahari. Rumah nye Encang Juki. !"
/"Oh iye ye Bang. Pasar Senen ngalor(baca; utara) dikit pan. Iye iye bener. Nah kalo hutan kota Srengseng, di mane tuh Bang ?"
//"Ya di Srengseng ! Masa iye di Gambir, ntar di sruduk kreta dong."
/"Coba Bang ceritain , ade ape aje di Hutan Srengseng. Eneng jadi jadi penasaran kaya arwah. He..he..he..!"
//"Hushhh. Ngaco ! Neh Abang Ceritain !"

Hutan Kota Srengseng

Kerimbunan Hutan Kota Srengseng

Hutan kota Srengseng adalah vegetasi hutan buatan yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau bagi kota Jakarta. hutan seluas kurang lebih 15,3 hektar ini berlokasinya di Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kotamadya Jakarta Barat.

Hutan kota Srengseng di bangun pada tahun 1993 pada masa kepemimpinan Gubernur R Suprapto. Selain berisi berbagai jenis vegetasi tanaman hutan, di sini juga terdapat danau buatan yang berfungsi sebagai tempat penampungan cadangan air di musim kemarau dan berfungsi sebagai resapan air di waktu musim penghujan.

Di tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau buatan yang menambah indah pemandangan. Untuk mengundang berbagai jenis burung, maka di tanamlah jenis-jenis pohon yang dapat menghasilkan buah berupa biji-bijian yang disukai burung-burung

Selain sebagai ruang terbuka hijau yang fungsi utamanya sebagai penyeimbang tata ruang kota, Hutan Kota Srengseng juga dapat berfungsi sebagai tempat tujuan wisata alam dan dapat dijadikan referensi utama atau pilihan alternatif keluarga untuk mengisi libur akhir pekan.

Sebagaimana kita ketahui, Jakarta sebagai kota megapolitan, masih sangat minim ruang terbuka hijaunya yang dapat di jadikan lokasi rekreasi warganya. Untuk mengisi liburan sekolah atau akhir pekan, biasanya warga Jakarta justru mencari wisata alam di luar kota Jakarta, seperti Kawasan Puncak, Taman Safari Bogor, atau Kebun Cibodas di Cianjur. Hal ini sangatlah di sayangkan. Selain membutuhkan biaya lebih besar, lokasi wisata luar kota, membutuhkan waktu perjalanan yang relatif lama untuk ditempuh.

Kehadiran hutan kota Srengseng, diharapkan dapat mengambil bagian dari kekurangan tersebut. Selain letaknya yang ada di Kota Jakarta, biaya yang di keluarkan pun tidak terlalu banyak.

Namun memang, kawasan hutan kota Srengseng masih kurang dari harapan sebagai tempat rekreasi wisata alam. Berbagai infrastuktur dan fasilitas untuk pengunjung, serta mamanjemen atau tata kelolanya masih sangat kurang. Kurangnya sarana antara lain, tempat berteduh untuk pengunjung dikala hujan, fasilitas toilet yang masih minim, sarana Ibadah, sarana bermain anak-anak yang masih terbatas. Untuk manajemen dan tata kelola, kekurangannya adalah penertiban biaya tiket masuk yang masih belum standar, area parkir yang masih kurang layak.

Sebenarnya, jika kawasan Hutan Kota Srengseng dapat lebih dikelola secara profesional, bukan tidak mungkin tempat ini akan ramai pengunjung. Hal tersebut memberikan keuntungan juga bagi Pemerintah Daerah dari hasil penjualan tiket, selain fungsi alaminya untuk ruang terbuka hijau.

Akses menuju Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng terletak di Jalan Haji Kelik, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kabupaten Jakarta Barat. Karena letaknya berada di dalam kota Jakarta, masalah akses menuju Kawasa Hutan Kota Srengseng bukanlah hal sulit. Hutan Kota Srengseng dapat dengan mudah dituju dari berbagai arah sudut Ibukota. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, jam kunjungan di batasi hingga pukul 5 sore.

Kembali ke obrolan....

//"Nah, itulah gambaran dari hutan kota Srengseng. Nti kapan-kapan Eneng Abang ajak dah kesono, itung-itung kite plesiran." //"Lah, Dia nglamun !"."Neng,..Neng..! Denger gak seh Abang ngomong ?"
/"Eneng denger Bang ! Eneng pengen banget ke sono Bang, kayaknya pemandangannya indah gitu."
//"Iye! Ntar Abang ajak Eneng ke sono kita plesir ampe jam 8 malem."
/"Ye, Abang. Kan tutupnye juga cuma sampe jam 5 sore."
//"Iye, Abang tau. Abang cuma ngetes Eneng doang, kirain tadi Abang cerita, Eneng ngelamun."
/"Kagak lah Bang. Eneng dengerin kok."
//"Ngomong-ngomong, ini bau apaan ye Neng? Kok baunya santer banget, gurih-gurih sangit !"
/"Ya ampun Abang Ku Sayang. Eneng lupa. Lagi mepes ikan peda !"
//"Udah buruan angkat tuh pepesan peda. Keburu jadi areng kali ! Aduh-aduh Si Eneng, baru diceritain tentang hutan kota Srengseng aje, udah lupa waktu. Apalagi diajak rekreasi ke sono, bisa-bisa kagak mau pulang ntar. Hadeuhhh,....Hadeuhhh !"

Artikel Terkait Lingkungan

  • Toyota Agya TRD
  • Toyota Grand New Fortuner
  • Toyota Alphard
  • Toyota Camry
  • Toyota New Vios
  • Toyota New Corolla Altis
  • Toyota New Yaris
  • Toyota FT 86
  • Toyota Land Cruiser

My SEO Contest

Tags / Keywords / Kata Kunci

  • Lokasi Hutan Kota Srengseng

  • Hutan Kota

  • Taman Kota

  • Hutan Kota Jakarta

  • Penghijauan Kota

  • Contoh Hutan Kota

  • Hutan Kota Srengseng

  • Hutan Srengseng

  • Hutan Kota Srengseng Jakarta

  • Taman Hutan Kota Jakarta

  • Taman Kota Jakarta

Author + Owner

Sales Showroom Mobil Toyota gambar Calya Agya Sigra Sienta chr Setiajaya Mobilindo

ENDANG WIDIYANTO NIMAN

EXECUTIVE SALES MARKETING
SHOWROOM TOYOTA CIBUBUR

Konsultasi Gratis Seputar Toyota
Simpati: 0813 8544 2022 | Call / WA
IM3 : 0856 9481 7222 | Call Only
PIN BB : 5723C3D7
Email: endang.adatoyota@gmail.com

Iklan Bermanfaat

Toko Online

Travelling

Lingkungan

Bidang Pendidikan

Kursus

Teknologi Gadget

Bisnis Waralaba

Investasi Online

Toko Alfamart

Otomotif

Web Hosting

Iklan Bermanfaat

Telkom Speedy

Keuangan

Properti

Tokoh Sukses

Motivator Cipto Junaedy

Referensi Produk

Artikel Umum

My SEO Contest

My Sitemap